Home > Biology > Menjadikan kura-kura sebagai hewan peliharaan

Menjadikan kura-kura sebagai hewan peliharaan

Apa kalian sering lihat hewan di samping?? Hewan tersebut adalah kura-kura. Hewan ini biasa disebut ‘terrapins’. Kebanyakan, kura-kura jenis ini hidup pada muara sungai. Hewan ini sering ditemukan di pet shop. Tetapi, saat kalian melihat hewan ini, bagaimana ya cara merawat hewan ini?? Mari simaklah berikut ini!

Saat kalian memilih kura-kura ini, lihatlah kondisi fisiknya. Jangan sampai memelihara hewan yang sudah tidak sempurna lagi(cacat). Caranya, lihat aktivitasnya. Makin aktif, maka kemungkinan cacat semakin kecil. Selain itu, lihat cangkang dan tubuhnya. Cangkangnya harus keras. Matanya harus terang dan bersih, serta tidak ada bagian yang terluka pada seluruh badannya.

Hewan ini dipelihara pada akuarium. Tetapi, akuarium ini sebaiknya ditaruh di tempat yang terkena sinar matahari (misal: jendela). Selain itu, di dalam akuarium, tinggi air harus sekitar 7 cm untuk berenang, dan daratan(dari kerikil, kayu, dll.(asal keras supaya tidak terpeleset)) untuk hewan ini mengeringkan tubuhnya. Air harus diganti sekitar 1 minggu sekali. Dan jangan menaruh benda-benda padat pada akuarium agar tidak mengganggu hewan ini berenang. Selain itu, memudahkan untuk membersihkan akuarium. Usahakan jangan pakai filter karena air tidak terlalu tinggi (walaupun boleh).

Hewan ini sangat suka makan hewan kecil dan sayuran. Contohnya, hewan ini suka makan cacing(kecil), ikan-ikan kecil, udang, dan daging lainnya. Kalian juga boleh memberikan sayur kangkung, selada, dll. ataupun juga berilah makanan kaleng khusus kura-kura ini yang dijual di pet shop atau supermarket. Berilah makan saat pagi, siang, dan sore. Jangan sampai memberikan terlalu banyak makan, karena akan membuat dia sakit. Jika terjadi gejala yang aneh pada kura-kura, segera bawalah ke dokter hewan.

Diatas ini adalah saran dan kiat untuk merawat hewan peliharaan berupa kura-kura. Apa kamu siap??

Categories: Biology
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a comment